Conditions Precedent to Insurers’ Liability

Dalam wording polis asuransi, selain dicantumkan operative clause maupun exclusions, biasanya juga terdapat pasal-pasal yang mengatur persyaratan isi perjanjian yang disebut sebagai “conditions” atau “syarat-syarat/kondisi pertanggungan”. Salah satu jenis conditions adalah “conditions precedent to insurers’ liability” yaitu kondisi-kondisi atau syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum diakuinya tanggung jawab atau liability penanggung atas suatu kejadian klaim.

Ted Baker plc and another v AXA Insurance UK Plc

Perusahaan retail pakaian, Ted Baker plc (Ted Baker) mengajukan klaim kepada sejumlah penanggung co-insurance termasuk AXA Insurance UK plc (AXA) sebagai lead underwriters atas kerugian yang dideritanya akibat sejumlah barang yang dicuri dari gudang oleh karyawan bernama Joseph Okyere-Nsiah selama periode tahun 2003 sampai 2008.

Polis asuransi commercial yang dimiliki Ted Baker adalah polis berbasis all risks yang mengcover kehilangan pendapatan kotor (loss of gross revenue) dengan deductible per loss sebesar £ 5,000.00. Dalam wording polis dicantumkan “conditions precedent to AXA’s liability” dimana Ted Baker harus menyampaikan dokumen tertentu yang diperlukan AXA dalam melakukan investigasi klaim. Salah satu dokumen yang diminta oleh loss adjuster yang ditunjuk AXA adalah laporan laba rugi (profit and loss accounts) dan laporan manajemen namun tidak dipenuhi oleh Ted Baker sampai batas waktu yang telah ditentukan. Selanjutnya loss adjuster melaporkan masalah ini kepada pihak broker dan menunggu instruksi selanjutnya namun tidak ada respon dari tertanggung dan tidak ada keputusan yang diambil penanggung sampai kasus klaimnya dibawa ke pengadilan tinggi (high court). Hakim dalam keputusannya menyatakan bahwa tertanggung gagal memenuhi permintaan dokumen yang diminta penanggung sehingga upaya hukum Ted Baker di pengadilan tinggi gagal. Keputusan ini dilawan Ted Baker dengan mengajukan banding ke tingkat court of appeal namun hasil keputusannya justru menguatkan keputusan sebelumnya di tingkat high court.

Penutup

Meskipun muncul perdebatan tentang kewajiban penanggung untuk me-remind tertanggung (duty to speak) atas kekurangan dokumen yang diperlukan namun AXA memenangkan perkara ini karena Ted Baker tidak bisa menyediakan dokumen yang diperlukan dimana dalam conditions polis telah disebutkan, “if the terms of this condition have not been complied with, no claims under this Section shall be payable”. Ted Baker dalam hal ini telah melakukan breach of conditions precedent to insurers’ liability.

conditions precedent

Share this article :

Leave a Reply

Your email address will not be published.