KECELAKAAN MAUT XENIA DAN LIABILITAS POLIS ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR

  • PDF
  • Print
  • E-mail

Kecelakaan maut yang terjadi di hari Minggu, 22 Januari 2012, dengan tersangka Afriani menyedot perhatian publik mengingat jumlah korban yang tewas mencapai 9 (sembilan) orang. Terkait keberadaan polis asuransi kendaraan (jika ada), bagaimana status rusaknya mobil pada saat kejadian ?. Ulasannya ada di bawah ini.

Salah satu prinsip asuransi yang sangat penting diketahui oleh calon nasabah asuransi adalah bahwa peristiwa klaim yang terjadi tidak boleh disebabkan oleh tindakan melanggar aturan hukum atau perundang-undangan yang berlaku. Dalam kasus ini, menenggak minuman keras, memakai narkoba maupun zat psikotropika lainnya adalah tindakan melanggar hukum. Dengan demikian meskipun kendaraan tersebut sudah dilindungi dengan polis asuransi kendaraan (dan ini berlaku juga untuk hampir semua jenis polis asuransi) maka tidak serta merta semua jenis kejadian dapat diklaim, termasuk akibat dari tindakan-tindakan seperti di atas.

Oleh karena itu, dalam rangka memastikan ada tidaknya liabilitas polis asuransi kendaraan bermotor Xenia maut tadi, perusahaan asuransi perlu melihat kronologis kejadian secara utuh, apakah semata-mata karena murni kecelakaan atau secara proxima disebabkan oleh pengaruh minuman keras. Apabila kemudian ditemukan bukti kuat bahwa penyebab kecelakaan itu adalah karena pengaruh obat-obatan terlarang maka klaim asuransi kendaraan tersebut menjadi tertolak. Ketentuan ini bisa dibaca dalam Polis Standard Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) Bab II Pengecualian Pasal 3. Disana disebutkan bahwa “pertanggungan polis tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau biaya atas kendaraan bermotor serta tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga jika dikemudikan oleh seseorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras, obat terlarang atau sesuatu bahan lain yang membahayakan.”

 

Disclaimer

Artikel yang dimuat di pojokasuransi.com adalah semata-mata pendapat pribadi penulis dan tidak mencerminkan pendapat resmi suatu organisasi atau institusi tertentu. Untuk itu, meskipun seluruh artikel dalam website ini sudah diupayakan disusun sedemikian rupa agar isinya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, namun kesalahan informasi dan ketidakakuratan data mungkin saja terjadi. Oleh karena itu, hendaknya jangan menjadikan artikel dalam website ini sebagai satu-satunya rujukan utama namun gunakan juga sumber-sumber primer dan resmi lainnya.

Dengan membaca, mendownload, dan menyebarkan artikel ini, kami tidak bertanggung jawab terhadap segala bentuk kerugian, kerusakan, maupun tanggung gugat terhadap pihak lain yang mungkin terjadi akibat dari penggunaan isi website ini.

Artikel yang ada dalam website ini dapat dikutip, baik sebagian atau seluruhnya dengan tetap mencantumkan link atau sumber asalnya.

Terima kasih.

Cek Harga Mobil

Article Subscription by Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Join Milist Pojokasuransi

Klik gambar di atas untuk download apk atau di sini

Cek Register Kapal BKI

Yahoo Messenger

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday256
mod_vvisit_counterYesterday311
mod_vvisit_counterThis week953
mod_vvisit_counterLast week5307
mod_vvisit_counterThis month20054
mod_vvisit_counterLast month29474
mod_vvisit_counterAll days1053342

We have: 4 guests online
Your IP: 54.90.57.174
 , 
Today: Jul 29, 2014

Latest Comment

Live Visitors

Syndicate